Final Test / UAS

Case Study : Akan ada 4 (empat) soal dari 9 ( sembilan ) yang ada dibawah ini ( @ 70 point )

1. Seperti tahun-tahun sebelumnya, maka Lebaran tahun 2012 akan ini diwarnai dengan persaingan bisnis di jalur mudik. Persaingan ini cukup menarik bagi kita untuk belajar marketing dan sharing marketing ideas. Berbagai posko layanan mudik bertebaran di sepanjang jalur mudik di seluruh Indonesia. Persaingan tampak lebih seru dengan pertempuran media promosi below the line, mulai dari spanduk, umbul-umbul, banner sampai digital signage. Seperti Sensasi Komunikasi Pemasaran yang dilakukan Pringsewu Restaurant. Bagaimana dengan restaurant anda ? (http://kopicoklat.com/2010/01/sensasi-komunikasi-pemasaran-pringsewu-restaurant-2/)
2. Indah Dewi Pertiwi bersama Keci Music terus memperkuat Clarification atau Positioning dalam konsep new wave marketing. Klarifikasi ini semakin kuat dengan hadirnya video klip terbarunya. Judul video klipnya adalah Hipnotis, versi II. Video klip ini dibuat secara kolosal hasil kerjasama Keci Music, KFC, Telkomsel dan Flexi memperkuat karakter inovatif yang kelihatannya coba dilekatkan kepada Indah Dewi Pertiwi. Bagaimana pendapat anda ? (http://kopicoklat.com/2011/05/indah-dewi-pertiwi-against-the-chaos/)
3. Maka pelaku bisnis pun mulai sadar beramai-ramai masuk dalam percakapan di berbagai social media. Berbagai opini dari banyak pakar pun akan banyak kita temukan yang mengungkapkan pentingnya social media dalam pertumbuhan bisnis di era pasar yang horisontal sekarang ini. Antara lain untuk membangun kedekatan dengan pelanggan dan pasar. Di media tersebut kita juga bisa menemukan banyak masukan atau umpan balik bagi perusahaan. Co-creation juga akan mampu didukung penuh melalui interaksi dengan pelanggan melalui social media. Dan masih banyak lagi. Seiring trend tersebut, pertanyaan kontradiktif mencuat, perlukah bisnis kami melakukan engagement di social media?
4. Membangun brand adalah suatu proses berkelanjutan yang tidak terpisahkan dalam proses membangun keunggulan kompetitif, maka selain sudut pandang finansial, banyak harga tersembunyi yang perlu kita perhatikan. Kurangnya menjaga kualitas, sebetulnya mempunyai konsekuensi harga yang harus ditanggung karena akan mengurangi nilai dari sebuah brand. Berapa Biaya untuk Membangun Sebuah Brand? (http://kopicoklat.com/2011/11/berapa-biaya-untuk-membangun-sebuah-brand/)
5. Untuk mengubah mindset pada new wave marketing diperlukan change management yang menuntut komitmen seluruh anggota organisasi, terutama dari para senior leaders. Mengapa senior leaders? (http://kopicoklat.com/2009/07/tantangan-menuju-new-wave-marketing-change-the-mindset/)
6. Demam piala eropa melanda Jakarta, apa yang dilakukan Rolling Stones Café pada Seputar Indonesia Pagi RCTI, Jumat 8 Juni 2012, merupakan suatu terobosan dalam melaksanakan Marketing Mix, melihat berita tersebut bagaimana dengan rencana Restaurant anda dalam mempersiapkan Piala Dunia 2014 nanti ?
7. Bagaimana sebetulnya cara yang ampuh untuk memperoleh customer loyalty program yang efektif?
8. Bagaimana mengaplikasikan Kerangka Konseptual Kualitas Pelayanan di Hotel anda nanti?
9. Apakah pelayanan benar-benar penting?
Bagaiman anda akan melakukan pengukuran pelayanan yang baik tersebut !
10. Mari E Pangestu “ wisatawan harus end to end, dari mereka datang, jalan – jalan sampai pulang lagi mereka harus sangat happy”, bagaimana pendapat ini anda bila diterapkan pada hotel anda.

Soal Kedua : 120 point
2.Bisnis Plan ( @ 30 point )
Berdasarkan Bisnis Plan yang saudara buat jawablah pertanyaan berikut ini :
a.Nama bidang usaha / perusahaan
b.Visi dan misi usaha /perusahaan
c.Segmentation, Target dan Positioning Market, usaha /perusahaan
d.Apakah media promosi yang digunakan

Open Book dan kerja masing – masing tidak kerja sama …..
Good Luck

%d bloggers like this: